- Jum'at 19/10/2018
Mengetahui apakah itu tujuan kegiatan survey pengajuan pinjaman kredit ke rumah calon konsumen
Pelaksanaan kegiatan survey permohonan pinjaman kredit multiguna ini sangatlah penting untuk dilakukan terutama dikala ada calon debitur mengajukan permohonan pinjaman kredit multiguna dengan jaminan gadai bpkb mobil, gadai bpkb motor, ataupun dengan jaminan gadai sertifikat rumah dan biasanya pelaksanaan kegiatan survey dilakukan ke rumah ataupun ke tempat perjuangan calon konsumen / debitur.
A. Tujuan survey permohonan pinjaman kredit multiguna
Pada dasarnya tujuan survey ke rumah calon nasabah ini yaitu untuk memastikan apakah nasabah mempunyai kemauan dan kemampuan memenuhi kewajibannya kepada pihak pemberi kredit / bank / forum pembiayaan / kreditur secara tertib dan sesuai dengan kesepakatan yang di tandatangani di dalam formulir survey, menyerupai : nilai plapon pinjaman beserta angsuran dan jangka waktu pinjaman kredit ( usang tenornya ).
B. Survey dan evaluasi kelayakan derma kredit
Survey dan evaluasi kelayakan dalam derma kredit sudah menjadi kewajiban atas setiap order yang masuk, proses survey ini biasanya dilakukan oleh bab surveyor yang ada di tiap perusahaan pembiayaan.
Di dalam kegiatan survey ini petugas surveyor wajib memastikan barang yang akan di biayai itu layak dan seluruh dokumen calon nasabahnya valid.
Penghentian proses survey wajib dilakukan apabila calon nasabah tidak sanggup menyerahkan fotokopi KTP ataupun identitas yang berlaku.
C. Kelengkapan dokumen survey
1. Foto tempat tinggal.
2. Foto tempat usaha.
3. Foto kondisi lingkungan.
4. Foto calon nasabah dikala tandatangan kontrak.
5. Foto unit yang di biayai beserta surveyornya.
6. Foto dokumen – dokumen nasabah yang diperlukan.
7. Laporan hasil survey.
D. Tatacara pada waktu survey
1. Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri.
2. Menjelaskan tujuan kunjungan untuk survey.
3. Menunjukkan ID Card atau surat kiprah resmi.
4. Berpakaian rapi dan sopan.
5. Berbicara dengan sopan santun.
6. Dapat menahan diri tidak emosional terhadap calon nasabah yang tidak bisa memperlihatkan data serta kurang kooperatif.
7. Tidak mendapatkan ataupun meminta imbalan baik berupa materi maupun lainnya sebagai balas jasa dari calon nasabah.
8. Menjaga nama baik perusahaan.
9. Tidak memperlihatkan hasil pemeriksaan survey kepada pihak lain.
E. Hal – hal yang wajib dilakukan oleh surveyor
1. Surveyor wajib membantu calon nasabah untuk memandu pengisian formulir aplikasi pembiayaan kredit ( pengisian formulir dilakukan oleh calon nasabah ).
2. Memastikan bahwa aplikasi yang ditandatangani oleh calon nasabah di blanko kredit sama dengan tandatangan calon nasabah di KTP.
3. Surveyor wajib memperlihatkan laporan hasil survey dan skema lokasi tempat tinggal calon nasabah didalam formulir standar.
F. Dokumen persyaratan pembiayaan kredit
1. Formulir aplikasi yang sudah di isi secara lengkap.
2. Dokumen perjanjian pembiayaan dan dokumen lainnya
3. Fotokopi KTP Suami Istri, Kartu Keluarga, Surat Nikah (Jika Kartu keluarga tidak ada), Surat cerai / surat keterangan kematian, Bukti kepemilikan rumah menyerupai rekening listrik/PBB, NPWP (Opsional)
4. Data penghasilan, contohnya menyerupai slip gaji/SKU/Surat Keterangan Kerja.
5. Laporan hasil survey.
G. Validasi data dan Verifikasi data
Validasi data di lakukan untuk memastikan bahwa dokumen persyaratan kredit yang di serahkan yaitu sah dan berlaku.
Verifikasi data yaitu kegiatan untuk menguji kebenaran data dan info atas aplikasi pembiayaan kredit yang sudah diserahkan oleh calon nasabah.
H. Wawancara
Wawancara dengan calon nasabah untuk mendapatkan citra info yang lebih dalam ihwal calon nasabah yang diperoleh pribadi dari yang besangkutan, sehingga mendapatkan info lengkap untuk dipakai dalam evaluasi kelayakan permohonan kredit.
1. Jika calon nasabah yaitu pengusaha / wiraswasta :
Bidang perjuangan pemohon?, (lihat secara pribadi & tanyakan)
Product apa yang dijual (apakah product yang cukup laris dipasaran?)
Pengalaman perjuangan sudah brp lama?
Siapa langganan/pembelinya?
Supplier barang dari mana?
Berapa rata-rata omzet perjuangan (harga product?, unit yang dijual)
Keuntungan rata-rata
Siapa yang mengelola perjuangan sehari-hari?
Tempat perjuangan kontrak/milik sendiri
Kondisi lokasi perjuangan (ramai/sepi, pasar/skolah, dll)
Pengeluaran keluarga perbulan
Apakah mrpkan perjuangan utama
Ada penghasilan lain
Suami / istri bekerja
Penghasilan higienis perbulan
2. Jika calon customer karyawan / karyawati :
Berapa usang bekerja
Bidang perjuangan pekerjaan
Jabatan, Nama Atasan, Nama & Alamat tempat kerja
Riwayat pekerjaan sebelumnya (Kerja > 2 tahun)
Penghasilan/bulan, sistem pembayaran honor (transfer/tunai, dll)
Komposisi penghasilan VS jenis pekerjaan
Status karyawan (Kontrak/tetap/dll)
Biaya rutin/bulan (Biaya transport, sekolah, makan, pendidikan, tanggungan lain, dll)
Jumlah tanggungan dalam keluarga
Apakah Suami/Istri mempunyai penghasilan (Bila penghasilan pendapatan kotor atau PK VS Angsuran > 30%, minta dokumen penghasilan Suami / Istri)
Kewajiban lain kalau ada (Angsuran rumah/mobil/dll)
3. Jika calon customer tubuh usaha/perusahaan:
Bergerak dalam bisnis apa, sebagai bisnis utama?
Pemilik perusahaan, share holder mayoritas?
Product apa yang dihasilkan
Pengalaman perjuangan berapa lama
Key person dalam perjuangan siapa,(Usaha keluarga/joint?)
Supplier barang/bahan baku dari mana
Langganan/pembeli utama, dijual kemana
Perkiraan omzet perjuangan (rupiah/unit)
Keuntungan perusahaan kira-kira
Kondisi keuangan dilihat dari rekening bank
Status kantor (kontrak/milik sendiri?)
I. Kesimpulan dan analisa hasil survey
1. Analisa Obyek Pembiayaan (Barang).
Barang yang akan didanai harus layak untuk dibiayai.
Pastikan obyek pembiayaan dipergunakan oleh calon nasabah sendiri.
Apakah memang hasil survey barang tersebut sangat dibutuhkan oleh pemohon.
2. Analisa Character.
Sikap konsumen selama interview.
Kemudahan dalam memperlihatkan data-data & informasi.
Hasil cek lingkungan, contoh hidup konsumen, dll.
3. Analisa Keuangan.
Sumber penghasilan.
Sumber penghasilan lain (bila ada), pengeluaran rutin untuk apa saja.
Berapa % angsuran dibandingkan dengan penghasilan bersih? Angsuran lain?.
Masih tersisa tidak untuk tabungan.
4. Analisa Capital
Berapa besar DP yang dibayar konsumen dikaitkan dengan resiko pembiayaan.
Kepemilikan pemohon atas barang-barang berharga (mobil, motor, rumah megah).
5. Analisa Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal pemohon, perkampungan, masuk mobil, gang sempit, atau kondisi lainnya. Kawasan perumahan, simpel dicari, jauh dari daerah preman, dan lain lain. Rumah simpel dicari, susah, berikan penjelasan, dan lain-lain.
J. Input data dan pengajuan hasil survey ke analyst kredit
Beberapa perusahaan pembiayaan mungkin masih ada yang memakai jadwal e-loan ataupun confins dalam proses input data hasil survey, proses input ini dibutuhkan untuk pendataan / penyimpanan data calon nasabah dan analisa evaluasi kredit oleh team analyst menurut hasil survey yang dilakukan oleh surveyor.
K. Hasil simpulan dari semua proses ini
Hasil simpulan yang diharapkan dari semua proses ini adalah
1. Kelayakan permohonan kredit untuk di setujui permohonan kreditnya menurut evaluasi kredit yang baik dan di dukung oleh data faktual yang dimiliki oleh calon nasabah.
2. Kelancaran pembayaran angsuran pinjaman kredit, menurut analisa data yang di berikan oleh surveyor dan di analisa serta di setujui oleh team analyst dan komite kredit.
Semoga saja dengan sekilas info ini sanggup membantu teman-teman yang bekerja sebagai surveyor pinjaman kredit dalam menganalisa calon nasabahnya sehingga sanggup meminimalisir resiko yang ada menyerupai : kredit macet ataupun unit kendaraannya di gadai atau dipindah tangankan.
L. Penutup
Kesimpulan saya pribadi ihwal tujuan dari semua rangkaian proses kegiatan pelaksanaan survey ini yaitu untuk memastikan dan menjaga biar tidak terjadi miskomunikasi atau kesalah pahaman antara pihak kreditur dan debitur dalam menjalankan kewajiban dan haknya masing - masing, dengan melibatkan data dan fakta yang ada.
Semoga goresan pena ini bisa bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami
Kunjungi juga blog kami yang lain :
MARKETING GADAI BPKB
https://www.marketinggadaibpkb.biz.id
Keyword : Tujuan survey permohonan pinjaman kredit multiguna, solusi kredit, kredit multiguna, gadai bpkb mobil, gadai bpkb motor, proses cepat, syarat ringan, bpkb aman, pinjaman terima full tanpa potongan, jasakreditku, masdull, kredit jaminan bpkb, marketing gadai bpkb, bfi finance, surveyor kredit multiguna
alt=" Mengetahui apakah itu tujuan kegiatan survey pengajuan pinjaman kredit ke rumah calon kon Terbaru sahabat Blog - Tujuan kegiatan survey kerumah calon konsumen - layanan kredit" border="0" height="31" src="https://www.submissionmonster.com/images/smbutton3.gif" width="88" />
Mengetahui apakah itu tujuan kegiatan survey pengajuan pinjaman kredit ke rumah calon konsumen
A. Tujuan survey permohonan pinjaman kredit multiguna
Pada dasarnya tujuan survey ke rumah calon nasabah ini yaitu untuk memastikan apakah nasabah mempunyai kemauan dan kemampuan memenuhi kewajibannya kepada pihak pemberi kredit / bank / forum pembiayaan / kreditur secara tertib dan sesuai dengan kesepakatan yang di tandatangani di dalam formulir survey, menyerupai : nilai plapon pinjaman beserta angsuran dan jangka waktu pinjaman kredit ( usang tenornya ).
B. Survey dan evaluasi kelayakan derma kredit
Survey dan evaluasi kelayakan dalam derma kredit sudah menjadi kewajiban atas setiap order yang masuk, proses survey ini biasanya dilakukan oleh bab surveyor yang ada di tiap perusahaan pembiayaan.
Di dalam kegiatan survey ini petugas surveyor wajib memastikan barang yang akan di biayai itu layak dan seluruh dokumen calon nasabahnya valid.
Penghentian proses survey wajib dilakukan apabila calon nasabah tidak sanggup menyerahkan fotokopi KTP ataupun identitas yang berlaku.
C. Kelengkapan dokumen survey
1. Foto tempat tinggal.
2. Foto tempat usaha.
3. Foto kondisi lingkungan.
4. Foto calon nasabah dikala tandatangan kontrak.
5. Foto unit yang di biayai beserta surveyornya.
6. Foto dokumen – dokumen nasabah yang diperlukan.
7. Laporan hasil survey.
D. Tatacara pada waktu survey
1. Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri.
2. Menjelaskan tujuan kunjungan untuk survey.
3. Menunjukkan ID Card atau surat kiprah resmi.
4. Berpakaian rapi dan sopan.
5. Berbicara dengan sopan santun.
6. Dapat menahan diri tidak emosional terhadap calon nasabah yang tidak bisa memperlihatkan data serta kurang kooperatif.
7. Tidak mendapatkan ataupun meminta imbalan baik berupa materi maupun lainnya sebagai balas jasa dari calon nasabah.
8. Menjaga nama baik perusahaan.
9. Tidak memperlihatkan hasil pemeriksaan survey kepada pihak lain.
E. Hal – hal yang wajib dilakukan oleh surveyor
1. Surveyor wajib membantu calon nasabah untuk memandu pengisian formulir aplikasi pembiayaan kredit ( pengisian formulir dilakukan oleh calon nasabah ).
2. Memastikan bahwa aplikasi yang ditandatangani oleh calon nasabah di blanko kredit sama dengan tandatangan calon nasabah di KTP.
3. Surveyor wajib memperlihatkan laporan hasil survey dan skema lokasi tempat tinggal calon nasabah didalam formulir standar.
F. Dokumen persyaratan pembiayaan kredit
1. Formulir aplikasi yang sudah di isi secara lengkap.
2. Dokumen perjanjian pembiayaan dan dokumen lainnya
3. Fotokopi KTP Suami Istri, Kartu Keluarga, Surat Nikah (Jika Kartu keluarga tidak ada), Surat cerai / surat keterangan kematian, Bukti kepemilikan rumah menyerupai rekening listrik/PBB, NPWP (Opsional)
4. Data penghasilan, contohnya menyerupai slip gaji/SKU/Surat Keterangan Kerja.
5. Laporan hasil survey.
G. Validasi data dan Verifikasi data
Validasi data di lakukan untuk memastikan bahwa dokumen persyaratan kredit yang di serahkan yaitu sah dan berlaku.
Verifikasi data yaitu kegiatan untuk menguji kebenaran data dan info atas aplikasi pembiayaan kredit yang sudah diserahkan oleh calon nasabah.
H. Wawancara
Wawancara dengan calon nasabah untuk mendapatkan citra info yang lebih dalam ihwal calon nasabah yang diperoleh pribadi dari yang besangkutan, sehingga mendapatkan info lengkap untuk dipakai dalam evaluasi kelayakan permohonan kredit.
1. Jika calon nasabah yaitu pengusaha / wiraswasta :
Bidang perjuangan pemohon?, (lihat secara pribadi & tanyakan)
Product apa yang dijual (apakah product yang cukup laris dipasaran?)
Pengalaman perjuangan sudah brp lama?
Siapa langganan/pembelinya?
Supplier barang dari mana?
Berapa rata-rata omzet perjuangan (harga product?, unit yang dijual)
Keuntungan rata-rata
Siapa yang mengelola perjuangan sehari-hari?
Tempat perjuangan kontrak/milik sendiri
Kondisi lokasi perjuangan (ramai/sepi, pasar/skolah, dll)
Pengeluaran keluarga perbulan
Apakah mrpkan perjuangan utama
Ada penghasilan lain
Suami / istri bekerja
Penghasilan higienis perbulan
2. Jika calon customer karyawan / karyawati :
Berapa usang bekerja
Bidang perjuangan pekerjaan
Jabatan, Nama Atasan, Nama & Alamat tempat kerja
Riwayat pekerjaan sebelumnya (Kerja > 2 tahun)
Penghasilan/bulan, sistem pembayaran honor (transfer/tunai, dll)
Komposisi penghasilan VS jenis pekerjaan
Status karyawan (Kontrak/tetap/dll)
Biaya rutin/bulan (Biaya transport, sekolah, makan, pendidikan, tanggungan lain, dll)
Jumlah tanggungan dalam keluarga
Apakah Suami/Istri mempunyai penghasilan (Bila penghasilan pendapatan kotor atau PK VS Angsuran > 30%, minta dokumen penghasilan Suami / Istri)
Kewajiban lain kalau ada (Angsuran rumah/mobil/dll)
3. Jika calon customer tubuh usaha/perusahaan:
Bergerak dalam bisnis apa, sebagai bisnis utama?
Pemilik perusahaan, share holder mayoritas?
Product apa yang dihasilkan
Pengalaman perjuangan berapa lama
Key person dalam perjuangan siapa,(Usaha keluarga/joint?)
Supplier barang/bahan baku dari mana
Langganan/pembeli utama, dijual kemana
Perkiraan omzet perjuangan (rupiah/unit)
Keuntungan perusahaan kira-kira
Kondisi keuangan dilihat dari rekening bank
Status kantor (kontrak/milik sendiri?)
I. Kesimpulan dan analisa hasil survey
1. Analisa Obyek Pembiayaan (Barang).
Barang yang akan didanai harus layak untuk dibiayai.
Pastikan obyek pembiayaan dipergunakan oleh calon nasabah sendiri.
Apakah memang hasil survey barang tersebut sangat dibutuhkan oleh pemohon.
2. Analisa Character.
Sikap konsumen selama interview.
Kemudahan dalam memperlihatkan data-data & informasi.
Hasil cek lingkungan, contoh hidup konsumen, dll.
3. Analisa Keuangan.
Sumber penghasilan.
Sumber penghasilan lain (bila ada), pengeluaran rutin untuk apa saja.
Berapa % angsuran dibandingkan dengan penghasilan bersih? Angsuran lain?.
Masih tersisa tidak untuk tabungan.
4. Analisa Capital
Berapa besar DP yang dibayar konsumen dikaitkan dengan resiko pembiayaan.
Kepemilikan pemohon atas barang-barang berharga (mobil, motor, rumah megah).
5. Analisa Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal pemohon, perkampungan, masuk mobil, gang sempit, atau kondisi lainnya. Kawasan perumahan, simpel dicari, jauh dari daerah preman, dan lain lain. Rumah simpel dicari, susah, berikan penjelasan, dan lain-lain.
J. Input data dan pengajuan hasil survey ke analyst kredit
Beberapa perusahaan pembiayaan mungkin masih ada yang memakai jadwal e-loan ataupun confins dalam proses input data hasil survey, proses input ini dibutuhkan untuk pendataan / penyimpanan data calon nasabah dan analisa evaluasi kredit oleh team analyst menurut hasil survey yang dilakukan oleh surveyor.
K. Hasil simpulan dari semua proses ini
Hasil simpulan yang diharapkan dari semua proses ini adalah
1. Kelayakan permohonan kredit untuk di setujui permohonan kreditnya menurut evaluasi kredit yang baik dan di dukung oleh data faktual yang dimiliki oleh calon nasabah.
2. Kelancaran pembayaran angsuran pinjaman kredit, menurut analisa data yang di berikan oleh surveyor dan di analisa serta di setujui oleh team analyst dan komite kredit.
Semoga saja dengan sekilas info ini sanggup membantu teman-teman yang bekerja sebagai surveyor pinjaman kredit dalam menganalisa calon nasabahnya sehingga sanggup meminimalisir resiko yang ada menyerupai : kredit macet ataupun unit kendaraannya di gadai atau dipindah tangankan.
L. Penutup
Kesimpulan saya pribadi ihwal tujuan dari semua rangkaian proses kegiatan pelaksanaan survey ini yaitu untuk memastikan dan menjaga biar tidak terjadi miskomunikasi atau kesalah pahaman antara pihak kreditur dan debitur dalam menjalankan kewajiban dan haknya masing - masing, dengan melibatkan data dan fakta yang ada.
Semoga goresan pena ini bisa bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami
Kunjungi juga blog kami yang lain :
MARKETING GADAI BPKB
https://www.marketinggadaibpkb.biz.id
Keyword : Tujuan survey permohonan pinjaman kredit multiguna, solusi kredit, kredit multiguna, gadai bpkb mobil, gadai bpkb motor, proses cepat, syarat ringan, bpkb aman, pinjaman terima full tanpa potongan, jasakreditku, masdull, kredit jaminan bpkb, marketing gadai bpkb, bfi finance, surveyor kredit multiguna
alt=" Mengetahui apakah itu tujuan kegiatan survey pengajuan pinjaman kredit ke rumah calon kon Terbaru sahabat Blog - Tujuan kegiatan survey kerumah calon konsumen - layanan kredit" border="0" height="31" src="https://www.submissionmonster.com/images/smbutton3.gif" width="88" />